Liputan

Situs Menulis

Well, ini memang masih tahun baru. Silakan bagi yang merayakan tapi kadang-kadang suara kembang api menakuti saya tengah malam meskipun view-nya melankolis. Suer. Mendingan disetelin aja murottal malem-malem *dibekep*

Selagi masih awal-awal tahun, mau nulis lagi nih. Jika terlalu lama absen, nanti saya harus mulai lagi dari nol, emoh. Meskipun WB dan badmood sering mengacaukannya, saya tidak akan patah semangat. Yep, diputuskan itulah resolusi tahun baru saya. Apa resolusi tahun barumu?

Kembali ke topik yah. Bagi seorang penulis, (meskipun cuma nulis diary), tempat menulis itu sesuatu yang penting. Tempat yang mendorong penulis menuliskan idenya dengan bebas dan menuangkan gagasan dengan nyaman kadang menjadi suatu kebutuhan. Apalagi kalau di sana ada teman yang saling menyemangati, hmm senangnya….

Kali ini saya akan membahas beberapa laman menulis yang mungkin bisa menemanimu debut sebagai penulis nanti. amiin. Saya doakan, deh (saya mah tetep jadi penulis diary ajah).

  1. Storial.costoriallogo

Platform nulis baru yang dibikin oleh nulisbuku.com. Buat yang ingin menerbitkan buku mungkin di sini nih tempat yang cocok.

Meskipun masih baru, fiturnya lumayan lengkap. Desainnya mirip-mirip kalau mau nerbitin buku indie gitu. Ada menu rak pribadi, tempat menyimpan buku-buku favorit yang ingin kamu baca atau menu buku saya, tempat kamu menerbitkan buku. Pokoknya atmosfernya kayak penulis profesional gitu dah. Ada macam-macam kategori juga dari novel, cerpen, puisi, hingga fanfiksi dan skrip film juga ada lho. Plus di sana kamu bisa dapet info event-event menarik dari nulis buku dkk.
2. Kemudian.com

kemudian
Menulis seasyik main game. Yep, di sini nggak perlu takut nulis dan nggak selesai karena setiap penulis bisa melanjutkan tulisan penulis lainnya. Kalian akan dapet banyak teman plus masukan di sini karena ada sistem poin yang akan bertambah jika kalian menulis komentar di cerita orang lain dan berkurang jika posting cerita.

Oh ya setiap dua tahun anak-anak komunitas kemudian mengadakan BOR alias Battle of Realms lho yang terbuka untuk umum.

3. Fanfiction.net

FanFictionNetlogo
Laman ini mungkin cikal bakal komunitas penulis fanfiksi/ fiksi penggemar di indonesia alias INFANTRUM (Indonesian Fanfiction Forum). Dan tiap taunnya diadakan IFA (Indonesian Fanfiction Awards) dari sesepuh-sesepuh bagi fanfiksi yang masuk nominasi (biasanya sekitar Oktober/ November).

Segala macam jenis penulis dan cerita bisa ditemukan  di sini tapi tentu saja semuanya merupakan fiksi penggemar. Untuk rate di sini paling banyak yaitu M alias mature, secara pengertian yaitu untuk pembaca 16 tahun ke atas berisi konten non eksplisit materi dewasa, kekerasan, dan kata kasar yang ekstrim (dari kamus istilah perfanfiksian Indonesia). Well, tapi jangan terkejut lho kalo menemukan yang out of border hehe.

Anyway di sini lumayan rame lho, terutama di fandom-fandom tertentu. Happy writing and get along well.

Laman Facebook: Fanfiction.net World

4. Gramedia Writing Project

gwp

Hmm saya nggak bisa komen banyak sih karena belum bener-bener nyemplung ke sana. Pokoknya di sana adalah ruang menulis yang berkesempatan dilirik oleh editor-editor Gramedia. Pada mulanya GWP ini untuk seleksi penulis-penulis berbakat yang dilakukan secara tertutup namun selanjutnya, platform ini dibuka untuk umum agar bisa mendapatkan lebih banyak bibit unggul. Yuk mari-mari. Let them notice your talent!

5. Wattpad

wattyy

Mirip-mirip kayak storial. Disini kamu bisa menyusun ceritamu seperti novel dan lain-lain serta mengaturnya sesuai preferensi pribadi.
Dan masih banyak lainnya. Semisal Fictionpress.com sister-nya fanfiction.net, AO3 atau Archive of Our Own, dan masih banyak lagi (Kalau kalian tahu yang lain bisa ditambahkan di kolom komentar ya). Mungkin blogmu atau bahkan dropbox, apapun bisa asalkan membantumu lebih produktif untuk menulis.

So, enjoy and keep writing^^

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s