It’s not a Single Try to Know about Universe

Judul buku : Mengenal Hawking for Beginner
Pengarang : J. P. McEvoy dan Oscar Zarate
Penerbit : Mizan
Penerjemah : Ahmad Baiquni
Kota/Tahun tebit : Bandung/1999
Cetakan ke – : 2
Tebal buku : 176 halaman+cover

image013

Hawking adalah seorang mahasiswa yang jenius ketika vonis amyotrophic lateral sclerosis (ALS) menghampirinya. Hidupnya diperkirakan tinggal 2 tahun lagi. Beberapa bulan berikutnya, ia terperosok dalam lubang depresi. Namun setelah itu, terjadi perubahan pada hidupnya setelah Departemen Fisika Cambridge memberikan seorang Dennis Sciama, yang akan membimbingnya sehingga memungkinkan dirinya menjadi seorang pakar kosmologi modern.

Sebuah biografi singkat seorang Stephen Hawking yang dipaparkan dengan menarik dalam buku ini. Mengisahkan perjuangan Hawking melawan penyakitnya di atas kursi roda—tak mampu berbicara dan menulis–yang kemudian dapat membuahkan penemuan penting pada seluruh sejarah fisika abad ini. Dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi menarik, buku ini juga merunut teori-teori Newton dan Einstein yang kemudian menjadi bahan penemuan Hawking.

Memang sedikit memusingkan pagi para awam jika membaca buku ini. Banyak istilah-istilah fisika yang muncul ketika membahas sebuah teori secara sekilas. Namun, perjalanan panjang yang dilalui oleh Hawking ini juga menarik untuk diikuti sebagai tambahan pengetahuan umum. (SH/ 2011)
22.04.2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s